Wisata Air Terjun Di Bandung yang Bakal Bikin Kamu Happy Main Air

Bandung memang tak punya pantai, tapi pemandangan alam di sekitar pegunungan yang mengelilingi Bandung wajib kamu kunjungi! Oleh sebab itulah banyak sekali wisata air terjun di Bandung yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja. Apa saja itu? Berikut ini informasinya.

1. Curug Cimahi/Curug Pelangi

Wisata air terjun di Bandung diawali oleh air terjun yang satu ini bisa dianggap memiliki keindahan yang sama dengan aneka air terjun yang berada di Bali. Inilah Curug Cimahi atau Curug Pelangi. Air terjun ini memiliki tinggi 87 meter dan memiliki atmosfer yang sejuk nan alami dengan aliran air yang jernih dan menyegarkan. Tempat ini berlokasi di Kertawangi, Cisarua, Jl. Kolonel Masturi No. 325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Saat malam hari, pengelola air terjun ini bakal menyalakan lampu warna-warni, dan tentu saja akan menambah keindahan air terjun ini. Tak heran kalau air terjun ini diberi nama Curug Pelangi. Di sana juga disediakan semacam tempat nongkrong gitu deh untuk menyaksikan keindahan air terjun.

2. Curug Bugbrug

Kabupaten Bandung Barat mirip sekali dengan Tasikmalaya karena memiliki lumayan banyak air terjun alami. Curug Bugbrug merupakan salah satu air terjun yang lumayan terkenal diantara wisatawan ataupun traveler pecinta alam karena keindahannya.

Masih berlokasi di Kertawangi, Cisarua, masih bisa dibilang belum terjamah banyak wisatawan. Masih berkondisi alami, bersih dari sampah, dan akan terasa damai bila kamu sedang berada di sini. Kepadatan perkotaan akan kamu lupakan sejenak kalau kamu ingin berileksasi di air terjun ini.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Wisata air terjun di Bandung ketiga ini berada di kawasan Ciwangun Indah Camp atau disingkat CIC. Hanya berjarak sekitar 2 km dari Curug Pelangi, kamu bisa mencoba kemari setelah dari sana. Uniknya, air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi dengan air yang sangat sangat jernih, kamu akan segera jatuh cinta dengan air terjun ini dan ingin segera main air di sini. Kamu akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk sekali masuk. Murah bukan?

4. Curug Leuwi Kacapi

Masih di kawasan yang sama, CIC, ada lagi air terjun yang sedang naik daun yaitu Curug Leuwi Kacapi. Dengan kondisi yang sama dengan Curug Tilu Leuwi Opat, air terjun ini tidak terlalu tinggi, tak seperti air terjun-air terjun lainnya di Bandung, tapi air terjun ini sangat indah, dan kamu pun takkan melewatkan momen ini untuk diabadikan di kamera.

5. Curug Malela

Bandung Barat memang surganya air terjun. Tetap berada di Bandung Barat, ada air terjun yang bernama Curug Malela. Air terjun ini berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Air terjun ini memiliki keistimewaan yaitu berupa kontur berundak yang akan membuat aliran airnya sangat indah, sebelas dua belas deh ama Niagara, namun yang ini lebih kecil. Debit airnya lumayan deras dan kalau boleh kasih saran, jangan coba-coba untuk berenang di sini ya, karena kalau tidak kuat kamu akan terbawa arusnya.

Air terjun ini agak tersembunyi dan sulit untuk diakses, sehingga cuma sedikit wisatawan yang mampir ke sini. Tentu saja di sini akan sangat sepi dan cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan penat.

6. Curug Penganten

Curug Penganten adalah air terjun yang paling eksotis di Bandung Barat. Wisata air terjun di Bandung ini wajib kamu kunjungi deh setelah mengunjungi air terjun yang lainnya. Beralamat di Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6, tepatnya di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter, dan tak bisa dipungkiri bahwa keindahannya akan membuatmu terpana. Jatuhan airnya nampak elok dengan dikelilingi lembah hijau yang menyejukkan.

Memiliki 2 aliran air yang berdampingan, oleh sebab itu ar terjun ini bernama Curug Penganten. Satu aliran memiliki aliran yang deras dan besar, dan aliran satunya lebih kecil. Kamu akan merogoh kantong hanya sebesar Rp 5.000 lho!