Warga Pengawu dan Duyu Sepakat Akhiri Bentrok

Ilustrasi bentrokan antar warga Pengawu dan Duyu

Palu – Tensi tinggi kerusuhan antara warga Kelurahan Pengawu dan Kelurahan Duyu yang terjadi di ruas Jalan Padanjakaya, Jumat (8/3/2013), telah dapat diselesaikan dengan damai.┬áKedua kelompok warga dari kelurahan yang bertetangga tersebut, akhirnya sepakat untuk mengakhiri pertikaian dan menyatakan komitmennya untuk berdamai. Kesepakatan damai tersebut terjadi setelah digelarnya pertemuan antara kedua kubu yang bertikai yang dipimpin oleh Walikota Palu H. Rusdi Mastura, Kapolres Palu Trisno Rahmadidi, Wadanrem 132 Tadulako, serta jajaran Pemerintah Kota Palu, Sabtu (9/3/2013).

Sebelum kesepakatan damai dilakukan, Rusdi Mastura yang akrab dipanggil Cudi terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada perwakilan kedua kubu yang bertikai untuk menyampaikan berbagai masalah dan uneg-unegnya. Hal ini dilakukan agar penyebab pertikaian dua kelurahan tersebut dapat dicari titik tengahnya.

Setelah berdialog selama kurang lebih dua jam, kata sepakat untuk berdamai akhirnya tercapai dari kedua belah pihak yangditandai dengan penandatanganan surat perjanjian damai. Kapolres Palu AKBP Trisno Rahmadidi dalam kesempatan tersebut memberikan nasehat kepada kedua belah pihak agar tidak lagi mudah terprovokasi maupun saling menyulut provokasi satu sama lain, baik melalui sms, surat, ataupun melalui jejaring sosial. Kapolres juga meminta warga untuk menyerahkan senjata rakitan yang digunakan dalam bentrok tersebut.

Bentrok yang terjadi pada Jumat sekitar pukul 06.30 WITA ini melibatakan ratusan warga dari dua kubu. Dendam lama diyakini sebagai pemicu kerusuhan ini. Sebagai catatan, kedua kawasan ini telah terlibat enam kali baku hantam selama selang dua bulan terakhir. Aparat gabungan antara Polri dan TNI pun diturunkan untuk mencegah agar kerusuhan yang menggunakan senjata api rakitan, parang, serta batu, tidak semakin bertambah parah dan memakan banyak korban. Akibat bentrokan ini, seorang koresponden televisi nasional terluka di pipi terkena batu yang dilemparkan oleh warga yang terlibat bentrokan. Sementara satu rumah milik warga Duyu mengalami rusak ringan terkena lemparan batu.