Tifatul Sembiring “gelagapan” Menjawab Pertanyaan DPR

Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Senin,18/3/13)

Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Senin,18/3/13)

Jakarta – Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika diwarnai hujan pertanyaan oleh anggota komisi I DPR, sesaat setelah Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, memaparkan laporan pengelolaan program Pusat Layanan Internet kecamatan (PLIK) dan Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), Senin (18/3/2013).

Segudang pertanyaan dari anggota komisi I DPR muncul lantaran hasil pemaparan Kemenkominfo dinilai ambigu dan membingungkan. Selain itu, prorgam PLIK dan MPLIK juga dinilai tidak berjalan maksimal.

Menanggapi banyaknya pertanyaan yang muncul, Tifatul Sembiring sempat kebingungan. “Tolong tenang dulu,  supaya saya tidak gelagapan menjawabnya,” ujar Tifatul di tengah berbagai pertanyaan yang datang, sembari disambut gelak tawa awak media dan juga anggota dewan yang lain.

Rapat yang disiarkan langsung oleh TV parlemen itu akhirnya mengasilkan beberapa keuputusan penting. Salah satunya adalah Komisi I DPR RI mendesak Kemenkominfo untuk menuntaskan implementasi sistem informasi manajemen monitoring layanan internet kecamatan (SIMMLIK/Sistem Informasi Manajemen dan Monitoring Layanan Internet Kecamatan) dalam kurun waktu selambat-lambatnya tiga bulan.

Selain itu, Komisi I DPR RI juga mendesak Kemenkominfo untuk melakukan penghentian sementara (moratorium) terhadap realisasi pembayaran program PLIK-MPLIK sampai adanya keputusan bersama antara Komisi I DPR RI dengan Kemenkominfo. Komisi I juga meminta agar Kemenkominfo melakukan pengingkatan koordinasi dengan pemerintah daerah di level Provinsi dan di level Kabupaten/Kota dalam rangka perencanaan pengelolaan dan pengawasan terhadap program PLIK-MPLIK.