Sushi Miya8i, Sushi Bercitarasa Indonesia

memo-sushi-miyabi

Jakarta – Sushi yang satu ini bukanlah milik artis Jepang nan seksi, Maria Ozawa atau yang sering dikenal dengan sebutan Miyabi. Sushi Miya8i merupakan bentuk kerjasama bisnis para artis Indonesia. Mereka adalah Thomas Nawilis, Dude Herlino, Christian Sugiono, Adi Nugroho, Shireen Sungkar, Titi Kamal, Irene Librawati, dan Teuku Wisnu. “Nama unik Miya8i muncul dari Adi Nugroho, yang kebetulan Maria Ozawa ketika itu juga sedang booming,” ucap Endang selaku marketing Sushi Miya8i cabang Depok. Kata Miyabi justru memiliki makna elegan dan mewah menurut orang Jepang. Angka 8 yang disertakan dalam brand ini juga bukan sembarang angka. Angka 8 diyakini sebagai angka yang tidak putus. Angka ini yang nantinya dipercaya dapat menjadikan bisnis Sushi Miya8i terus berkesinambungan, maju dan terus berkembang. Sushi Miya81 berdiri pada Oktober 2011. Adapun motto dari restoran ini adalah cheap but yummy.

Hanya perlu 1,5 tahun, Sushi Miya8i memiliki 8 cabang di Indonesia, sesuai dengan angkanya yaitu 8. Sushi Miya8i ada di Kebayoran, Kemang, Tebet, Depok, Kalimalang, Binus Kemanggisan, Rawamangun bahkan di Bali. Di tahun 2013 ini, rencananya Sushi Miya8i akan membuka 10 cabang baru. Lokasi cabang baru Sushi Miya8i ditargetkan di Cibubur, Bekasi, Kelapa Gading, Tangerang, dan Serpong. Meski telah banyak membuka cabang, mereka belum berencana untuk menjalankan bisnis ini dengan sistem franchise.

Sushi Miya8i lebih suka model restoran outdoor, tidak membukanya di kawasan mall seperti restoran mewah lainnya. Sushi Miya8i lebih suka berlokasi dekat dengan sekolah, kampus bahkan ruang publik, sebab ingin menunjukkan kepada pelanggan bahwa Sushi Miya8i tidak hanya dari kalangan kelas menengah tetapi juga berasal dari kalangan pelajar. Untuk weekend, kebanyakan pelanggan Sushi Miya8i adalah anak-anak remaja. Konsep outdoor yang ditampilkan tampak pada konsep dekorasi restorannya yang hanya mengandalkan kipas angin di langit-langit sebagai penyejuk ruangan sebagai pengganti AC. Kursi-kursinya terlihat simpel. Tidak ada dekorasi berlebihan kecuali lampion dan paying kertas khas Jepang. Pemilihan warna merah pada restoran Sushi Miya8i dianggap lebih eye catching dan identik dengan Jepang.

Namun, konsep gedung restoran setiap outlet berbeda-beda, tergantung pada lokasi di mana outlet berdiri. Di Depok misalnya, konsep gedungnya berbentuk ruko. Sebaliknya, Sushi Miya8i di Kebayoran berkonsep gedung yang lebih luas. Selain itu, Sushi Miya8i Depok juga lengkapi dengan fasilitas free wifi, big screen, in focus, televisi hingga musholla. Untuk pelanggan-pelanggan yang ingin mengadakan acara komunitas, gathering, nonton bareng, meeting, bahkan ulang tahun dapat mengadakannya di Sushi Miya8i.

Pengunjung Sushi Miya8i Depok bisa mencapai sekitar 200 orang per-harinya dan mereka rata-rata berasal dari kalangan mahasiswa, karena lokasi restoran ini sendiri dekat dengan kampus Gunadharma dan Universitas Indonesia. Untuk weekend, jumlah pengunjung bisa melebihi angka tersebut yang berpengaruh pada pemasukan.

Pekerja di Sushi Miya8i berjumlah sebanyak 40 hingga 50 orang disetiap outletnya. Biasanya para pekerja juga di rolling ke outlet lainnya. Suasana para pekerja enjoy dan harmonis. Para pekerja bervariasi, mulai dari usia muda hingga dewasa. Sebelum dipekerjakan, mereka harus di training terlebih dahulu.

Untuk menunya, sudah terkonsep “fusion”. Fusion dalam artian menunya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Berbeda dengan menu restoran Jepang yang terkenal mentah dan agaknya kurang cocok bagi lidah orang kita, Sushi Miya8i adalah sebuah restoran Jepang yang menyajikan menu yang pas dengan lidah orang Indonesia. Menu Sushi Miya8i dikreasikan sedemikian rupa dan diadaptasikan dengan lidah orang Indonesia. Makanan dan minumannya dijamin halal. Sushi Miya8i juga menyediakan menu paket makanan. Baru-baru ini Sushi Miya8i mengeluarkan menu baru yaitu menu paket ala anak kost yang berlaku pada hari Senin-Jumat mulai jam 13.00-17.00 WIB, dengan harga berkisar antara Rp 20.000 sudah termasuk makan dan minum. Selain menu paket ala anak kost, Sushi Miya8i juga menyediakan menu paket untuk acara ulang tahun. Untuk harga paket acara ulang tahun berkisar mulai dari Rp 50.000. Uniknya, pengunjung bisa memilih dan menentukan menu makanan paketmu sendiri sesuai selera.

Uniknya, nama makanan sushi miya8i diambil dari nama-nama orang. Tidak lain dan tidak bukan adalah owner Sushi Miya8i. Menu Teukuro Hot Unagi Roll yang diambil dari nama Teuku Wisnu. Cater ‘Adiro’ Pillar dan Nuguroho Tempura Ice Cream dari nama Adi Nugroho. Tomasiro Dragon Ball yang berasal dari nama Thomas Nawilis. Irenero Spider Ball dari nama Irene.

Adapun menu andalan Sushi Miya8i adalah Seulawah Roll, yaitu dengan delapan tumpukan sushi roll isi alpukat, baked salmon, timun, saus teriyaki dengan taburan crunchy flag dan spicy mayo. Seulawah Roll merupakan menu favorite Teuku Wisnu dan Seulawah diambil dari nama gunung di Aceh, daerah kelahiran Teuku Wisnu. Nah! Semua makanan dan minuman enak Sushi Miya8i di racik sendiri oleh chef Sushi Miya8i. Setiap dua bulan biasanya Sushi Miya8i mengeluarkan menu terbaru.

Makan tidak lengkap tanpa minum. Selain ocha tentunya, minuman terfavorit Sushi Miya8i adalah Smoothies Blackcurrant yaitu paduan fresh banana dan ice cube tercampur sempurna dengan fresh milk, santan, dan pineapple juice. Sluuuurrp! Segar. Rasa banana pada Smoothies Blackcurrant terasa banget-banget-banget. Jadi buat kamu yang suka buah dan bercita-cita hidup sehat sebaiknya pesan minuman ini aja. Smoothies Blackcurrant enaknya ditemani sama Cheese Shirenero Roll dengan paduan mayones, keju, udang dan nori yang digoreng kriuk. Rasanya rasa sushi dipadu dengan keju lembar dan oleh mayones diatas keju. Nama Chesse Shirenero Roll diambil dari owner Sushi Miya8i, yaitu kakak Shirene Sungkar.

Untuk masalah harga, tidak perlu khawatir. Harganya cukup rasional untuk anak-anak muda, terutama mahasiswa. Untuk mahasiswa aja sesuai apalagi untuk kelas menengah. Range harga mulai dari Rp. 9000 hingga Rp.35.000. Untuk daftar menu dan harga, setiap cabang Sushi Miya8i sama, tidak ada satupun yang berbeda.

Selain mengandalkan menu sushi, di restoran ini juga menyajikan menu daging yang divariasikan menjadi teriyaki, katsu, ramen, udon yakiniku, tofu atau tahu dan salad serta bento box. Kabarnya, Sushi Miya8i akan mengeluarkan menu baru, yaitu Sushi Platter dengan variasi menu sushi di dalamnya.

Sushi Mya8i juga menyediakan delivery service dengan menghubungi (021) 772-14559. Jarak tempuh delivery hanya sekitar 3-4 km dengan free ongkos kirim makanan dengan minimum belanja Rp 100.000. Jadi, supaya makanan kamu diantarein sama mbak-mbak ataupun mas-mas Sushi Miya8i, yuk ajak teman-teman serame mungkin untuk beli Sushi Miya8i. Patungan gitu.

Doyan sushi tapi engga mau boros jajan? Atau mau berencana bikin bisnis restoran sushi? Bisa. Sushi miya8i membuka Sushi Making Class. Sushi Making Class terbagi atas 3 class, yaitu basic class, medium class dan profesional class. Sushi Making Class di cabang Sushi Miya8i Depok sudah berjalan selama 10 minggu. Cukup dengan membayar sebesar Rp 175.000 kamu sudah bisa ikut Sushi Making Class dan dipandu oleh chef sushi handal tentunya. Selain tau cara membuat sushi, kamu juga akan mendapatkan free apron (celemek), makisu (alat gulung sushi), sertifikat, dan 4 menu sushi. Untuk mengikuti Sushi Making Class kamu bisa menghubungi Endang di 0813-1515-1909 atau  (021) 7721-4559. Sushi Making Class biasanya diadakan sebulan sekali dengan peserta yang bervariasi, mulai dari usia 7 tahun hingga dewasa, baik lelaki maupun perempuan.

Pada saat meliput Sushi Making Class, ada sekitar 8 orang peserta yang hadir mengikuti kelas. Mereka bervariasi, mulai dari umur 9 tahun hingga dewasa. Pradita, seorang mahasiswa mengaku senang mengikuti Sushi Making Class karena suka hal-hal yang berbau Jepang terutama masakannya. Penulis juga diberi kesempatan mengecap rasa sushi buatan tangan Endang selaku marketing di Sushi Miya8i. Yap! Nama menunya Gunkan, sushi yang nasinya dibungkus nori dengan topping daging dan mayones diatasnya. Rasanya rasa sushi (lagi-lagi) dipadukan dengan daging lembut dan mayones diatasnya. Yummy.

Buat yang berada di sekitar Depok, Anda dapat mencicipinya langsung dengan mendatangi Sushi Miya8i, Depok Ruko Margonda Raya No.417 Blok 5-6 Depok – 16431. Jangan lupa follow Twitter Sushi Miya8i di @sushi_miya8i dan intip blognya di http://sushimiya8i.blogspot.com. Selamat menikmati Sushilovers!