Sensasi Strike di Ketinggian Bukit Karang Laut Selatan

Sensasi memancing di ketinggian bukit ini bisa anda temukan seperti di pantai krakal, wedo ombo, pantai baron, atau parang racuk

Anda seorang yang suka memancing tentu saja anda akan mencari kolam dengan berbagai kategori di dalamnya dan ini sudah sangat biasa. Anda bisa dengan membayar per kilo dari setiap anda memancing atau bisa juga dengan membayar harian atau dengan kata lain anda membayar satu kali dalam hitungan jam untuk bebas memancing.

Ada juga beberapa peng-hoby mancing membeli seluruh isi kolam atau istilahnya borongan bersama-sama. Memang untuk yang satu ini sudah barang tentu anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Di yogyakarta, ada beberapa peng-hoby mancing dengan berbagai jenis kesukaan. Ada yang suka memancing di sungai-sungai besar dengan jenis ikan seperti lele, gabus, atau bahkan sidat. Khusus untuk sidat atau semacam belut air tawar ini sekarang memang terbatas adanya. Tak lagi banyak di temukan dan itupun biasanya hanya bisa di pancing pada sore sampai malam hari saja.

Ada kelompok lain juga yakni pemancing pasiran, artinya para pemancing ini memancing di tepi pantai. Cara yang di lakukan adalah dengan melempar umpan sejauh-jauhnya ke deburan ombak. Kepekaan sang pemancing sangat di butuhkan di sini karena pemancing harus mampu membedakan tarikan yang ada merupakan gerakan ombak, gerakan arus bawah (balikan ombak) atau bahkan bisa jadi sampah yang menyangkut di senar pancing. Umpan yang biasa di gunakan adalah udang yang di potong-potong, atau juga undur-undur. Di hari-hari libur di sekitaran pantai selatan yogyakarta akan banyak di temukan para pemancing pasiran ini seperti di pantai baru, pantai depok, atau pantai congot dan banyak lagi.

Di selatan yog yakarta seperti pantai-pantai di Gunungkidul, tidak banyak di temukan pantai berpasir seperti di daerah bantul sehingga para peng-hoby mancing tidak mungkin memancing di pantai lantaran akan banyak tersangkut di karang-karang pinggir pantai.

Di sepanjang pantai selatan ada bukit-bukit menjulang yang langsung berhubungan dengan dalamnya laut. Di sinilah akan di temukan sensasi lain dari hobi memancing. Para pemancing biasa menyebutnya dengan “memancing karang” yang artinya memancing di pinggiran karang. Tentu saja membutuhkan alat-alat yang cukup memadai dengan galah yang panjang agar tak tersangkut karang di bawahnya. Dibutuhkan juga nyali dan kehati-hatian tersendiri di sini karena bisa jadi kedalaman antara bibir karang dengan laut berkisar antara 10 – 20 meter bahkan ada yang lebih. Dibutuhkan juga tempat berpijak yang kokoh. Intinya memancing di karang ini membutuhkan kehati-hatian yang ekstra atau bila perlu anda harus mengajak orang-orang yang ada di sekitaran tempat yang biasa di gunakan sebagai spot memancing.

Sensasi memancing di ketinggian bukit ini bisa anda temukan seperti di pantai krakal, wedo ombo, pantai baron, atau parang racuk. Umpan yang di gunakan biasanya bermacam-macam mulai dari tongkol, cumi sampai umpan tiruan. Bila anda pecinta memancing dan ekstrim mungkin memancing karang juga jadi pilihan yang pantas di coba hanya sekali lagi harus di siapkan semua dengan benar juga ajaklah orang yang tahu kondisi karang tepat memancing. (chipriant-YK)