Rupiah Menguat di Level Rp 9.790 / Dollar AS

Rupiah Menguat di Level Rp 9.790 / Dollar AS

Rupiah Menguat di Level Rp 9.790 / Dollar AS

Perdagangan hari ini, Rabu (5/6) dibuka di level Rp 9.800. Mencapai harga terkuat di level Rp 9.790 dan level  terendah Rp 9.805. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar valas ditutup menguat di level Rp 9.790 per dollar AS. Sedangkan di hari kemarin rupiah ditutup di level Rp 9.795 per dollar AS.

Pelaku pasar yang biasa disebut investor masih menunggu data Non Farm Payroll (NFP),  data tenaga kerja ADP  dan lapoan data ISM Non – Manufacturing PMI membuat dollar stabil dan tidak mendapatkan momentum sentimen ekonomi tambahan. Kurs rupiah menguat tipis didorong oleh minimnya data sentimen ekonomi. Faktor lain yang memberikan sentimen negatif terhadap rupiah adalah belum adanya kejelasan mengenai kenaikan harga BBM bersubsidi.  Data – data yang ditunggu oleh investor ini berdampak terhadap menguatnya nilai rupiah.

Bank sentral terus menjaga nilai rupiah, namun ketidakjelasan mengenai kenaikan harga BBM bersubsidi memberi tekanan terhadap rupiah. Nilai rupiah bisa menguat tipis setelah bank sentral melakukan intervensi terhadap rupiah.

Nilai rupiah tertekan juga disebabkan oleh aksi ambil untung di bursa saham oleh investor asing yang besarnya mencapai Rp 616,05 miliar. (ctn)