Restorasi Citra Niaga sebagai Ikon Ekowisata Kota Samarinda

Restorasi Citra Niaga Sebagai Ikon Ekowisata Kota Samarinda

Restorasi Citra Niaga Sebagai Ikon Ekowisata Kota Samarinda

Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda saat ini sedang menyiapkan kawasan khusus di pusat perbelanjaan Citra Niaga untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini di tempatkan sementara di kawasan GOR Segiri.

Pada awalnya ratusan PKL yang kebanyakan berjualan ponsel ini berada di ruas Jalan Citra Niaga. Karena mengambil ruas jalan, Pemkot Samarinda kemudian mencoba merelokasi sementara, sambil menunggu dibangunnya lokasi yang baru dan tetap menggunakan kawasan Citra Niaga.
Sebelumnya, Pemkot Samarinda melalui Bagian Ekonomi Sekretariat Kota Samarinda juga telah menyerahkan surat jaminan kepada pedagang kaki lima (PKL) eks Niaga Selatan untuk diprioritaskan menempati Citra Niaga yang baru nantinya. Dalam surat jaminan ini terdapat nama calon pemilik kios, lokasi petak, hingga foto dokumentasi untuk menghindari terjadinya peralihan hak berjualan ke pihak lain maupun tumpang tindih hak antar pedagang.
Kawasan Citra Niaga termasuk ikon Kota Samarinda. Kawasan yang kental dengan bucaya Samarinda ini pernah mendapat penghargaan Aga Khan Award. Meski akan direnovasi dan ditambah bangunan baru, namun arsitekturnya diupayakan tidak berubah dan tetap menyesuaikan misi atas penghargaan yang diberikan.
Tujuan dari renovasi dan pembangunan baru ini diharapkan dapat menarik minat investor. Sayangnya belum ada yang berminat. Sehingga di Tahun 2013 ini, ada alokasi dari APBD Kota Samarinda yang dikucurkan untuk pembangunan ini.
Pemkot Samarinda ingin Citra Niaga tetap menjadi ikon Kota Samarinda. Karena itu kawasan tersebut perlu direnovasi dan dipercantik kembali agar benar-benar tetap menjadi ikon Kota Samarinda.