Pom Bensin Sudah Mulai Penuh Antrian

Antrian di Pom bensin sudah mulai padat

Puluhan bahkan ratusan kendaraan bermotor khususnya sepeda motor tampak mulai memenuhi antrian di hampir setiap pom bensin di Yogyakarta mulai petang tadi (21/6). Hal ini dikarenakan adanya informasi kenaikan BBM yang akan diumumkan oleh pemerintah malam nanti. Pengumuman kenaikan itu sendiri akan diselenggarakan di Kantor Menko Perekonomian pukul 22.22 WIB, seperti juga dilansir oleh beberapa media.

Memang bukan hal aneh bagi kita bila ada berita adanya kenaikan sudah pasti akan terjadi lonjakan antrian kendaraan yang ingin memenuhi tangki kendaraanya. Kerap kali bahkan sampai menimbulkan kemacetan atau bahkan sampai cek-cok karena berebut antrian. Meski sampai berita ini diturunkan belum terlihat adanya pembeli yang datang dengan menggunakan jerigen. Sementara yang tampak hanya adanya dua buah truk yang lantas menggunakan lajur yang tidak seharusnya karena mengambil dari arah berlawanan.

Salah seorang pengantri bernama yadi mengatakan, “saya hanya takut besok tidak ada stok di pom bensin mas, jadi ya sudah saya ikut antri saja”. Ini kiranya juga menjadi gambaran bagaimana kemudian rakyat seolah cemas dengan adanya informasi kenaikan ini, kecemasan akan keterbatasan tersedianya bahan bakar seperti bensin yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Dikonfirmasi tentang keadaan ini salah seorang petugas di sela-sela melayani pelanggan mengatakan, ” sebenarnya hal ini juga kiranya telah di antisipasi oleh mungkin semua pom bensin jadi tidak perlu ada ketakutan tidak adanya stock, justru kalau seperti sekarang ini contohnya akan mengganggu stock yang seharusnya untuk beberapa waktu bisa langsung habis sedangkan untuk mengisi tangki di pom besok tentunya tidak semerta-merta bisa dikirim begitu saja”.

Fenomena yang kerap terjadi pra kenaikan harga ini tentunya juga sudah diperhitungkan sendiri oleh pemerintah yang dalam hal ini bekerjasama dengan para pengusaha penyedia bahan bakar kendaraan pada khususnya. Pengalaman yang sudah-sudah tentunya juga menjadi pelajaran tersendiri sehingga ketersediaan stock bahan bakar akan selalu ada bagi masyarakat termasuk juga bagaimana pengaturan distribusi itu sendiri karena akan semakin menyakitkan bagi masyarakat tentunya bila harga telah naik dan ketersediaannya terabaikan. (chipriant)