Perayaan Paskah di Kulon Progo

DSC_0118

Selama tiga hari umat Kristiani di seluruh dunia memperingati Triidum Paskah. Kata “triduum” berasal dari bahasa Latin yang berarti “tiga hari”. Ini merupakan ritual untuk mengenang kembali peristiwa sengsara, wafat dan kebangkitan kembali Yesus Kristus setelah disalibkan. Bagian dari peringatan ini telah berlangsung sejak pekan lalu yang dimulai dengan perayaan Minggu Palma (24/03/2013). Lantas dilanjutkan dengan peringatan Kamis Putih (28/3), Jumat Agung (29/3), Sabtu Sunyi (30/3), dan puncaknya Paskah, Minggu (31/3).

Perayaan paskah ini di adakan  rutin setiap setahun sekali di seluruh dunia. Gereja St. Yusuf sebuah kapel di Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta melangsungkan perayaan pekan suci ini  dalam rangkaian acara yang berlangsung khidmat dan sederhana. Masyarakat terlihat antusias dengan hadirnya ratusan umat yang datang dari berbagai wilayah di sekitarnya. Bahkan ada yang datang dengan berjalan kaki berkilo-kilo jauhnya dikarenakan tidak ada kendaraan yang mengantar dan lokasi yang tak terjangkau oleh kendaraan umum.

Bapak Philipus Surahmat, salah seorang wakil umat berujar, “Semoga Paskah tahun ini membawa umat semakin mawas diri, bersyukur dalam situasi pertobatan dan pengampunan. Bersyukur  meski dalam kesederhanaan dan berharap negara ini semakin aman dan damai.” (chipriant)