Pasangan Ilham-Aziz Gugat Hasil Pilgub Sulsel ke MK

Para Pasangan Cagub dan Cawagub Makassar

Para Pasangan Cagub dan Cawagub Makassar

Makassar – Pasangan nomor urut satu, pemilihan gubernur Sulawesi Selatan, Ilham Arief Sirajuddin – Aziz Kahar Mudzakkar, akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena mereka menilai pelaksanaan pilgub Sulsel yang berlangsung pada 22 Januari lalu, dipenuhi dengan berbagai kecurangan.

Hal itu sampaikan Ilham Arief di Jalan Batu Putih Makassar, Sabtu (2/1/2013). Ia mengatakan, gugatan rencannya akan diajukan oleh tim hukum Ilham-Aziz dan tim hukum Partai Demokrat, Deden Sukriadi pada hari Senin, (4/2) mendatang.

Menurut Ilham Arief yang juga Wali Kota Makassar, gugatan tersebut diajukan lantaran dalam Pilgub Sulsel yang baru saja berakhir diduga tidak terjadi pemilihan jujur dan adil. Dia mengaku, timnya menemukan sejumlah pelanggaran serta penggelembungan surat suara dan TPS bermasalah di sejumlah kabupaten kota.

Ilham meminta pendukungnya untuk tetap semangat dan sabar menunggu hasil putusan dari MK, dengan tidak melakukan tindakan anarkis dan provokasi, karena ia mengatakan, pengajuan gugatan ke MK adalah bagian dari proses demokrasi.

Seperti diberitakan, dalam pleno rekapitulasi KPUD Sulsel yang berlangsung di Hotel Singgasana Makassar, Kamis (31/1), pasangan nomor urut dua Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang keluar sebagai pemenang.

Pasangan dengan sebutan SAYANG itu, memperoleh 52 persen suara, sedangkan pasangan Ilham-Aziz memperoleh 41 persen suara, dan sisanya adalah milik pasangan nomor urut tiga, Rudi-Nawir.