Partai Demokrat Buka Kesempatan Bakal Caleg

Ketua Satgas Tim Penjaringan bakal calon anggota DPR RI Partai Demokrat Suaidi Marasabessy (kiri) didampingi anggota satgas penjaringan Andi Nurpati (kanan)

B.O Jakarta – Para pendaftar Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR-RI dari Partai Demokrat periode 2014-2019 yakin bahwa Partai Demokrat akan kembali menang pada Pemilu 2014. Hal itulah yang membuat para partai ini terus mendapat antusiasme dari Bacaleg. Memasuki hari keempat, Sabtu (9/3/2013), hingga pukul 18.55 WIB, tercatat sudah 755 masyarakat mendaftar sebagai Bacaleg DPR-RI di Kantor Pusat Partai Demokrat, Graha Kramat 7, Jalan  Kramat Raya146, Jakarta Pusat. Proses rekrutmen Bacaleg dari Partai Demokrat tidak dipungut  biaya sepeserpun alias gratis. Para pendaftar  hanya berkewajiban melengkapi persyaratan dan komitmennya dengan aturan internal partai.

Keyakinan mereka ini karena Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menggagas dan mendirikan Partai Demokrat, kini telah turun tangan  langsung membenahi elektabilitas partai berasas Pancasila tersebut. Keputusan rapat internal Satgas Penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif  DPR Partai Demokrat periode 2014-2019 yang digelar Jumat (8/3) malam, memutuskan bahwa waktu pendaftaran berlangsung dari 6 hingga 24 Maret 2013, dimulai dari pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Persyaratan untuk menjadi Bakal Caleg DPR-RI disesuaikan dengan Undang Undang No. 8 tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Pasal 51. Selain itu Partai Demokrat mengisyaratkan juga kepada Bakal Caleg DPR-RI untuk menandatangani Pakta Integritas Partai Demokrat. (ot/dik)