Pantai-Pantai Di Malang Yang Keindahannya Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Malang, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat asyik dan keren. Terlepas dari kota, wisata alamnya juga sangat memanjakan mata lho! Seperti pantai-pantai di Malang yang akan kita ulas di sini. Yuk segera rencanakan liburanmu setelah membaca artikel ini.

1. Pantai Balekambang

Pantai di Malang yang pertama ini dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Pulau Jawa, karena kemiripannya dengan yang aslinya di Bali. Berlokasi di 70 km kearah Selatan dari Malang Kota, bisa dikatakan pantai ini terpencil. Namun fasilitas yang disediakan di kawasan ini lumayan lengkap. Mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvernir, toilet umum, tempat parkir yang lebar, mushola, pendopo, hingga penginapan.

Ada 2 jalur yang bisa kalian tempuh untuk menuju ke pantai ini. Jalur pertama yaitu dari Malang Kota, menuju Kepanjen, terus ke Pagak, kemudian ke Bantur, dan akhirnya sampai di Balekambang. Rute yang kedua melalui Terminal Arjosari, Turen, Gondang Legi, Bantur, dan Balekambang. Untuk bisa masuk ke Balekambang, kalian akan mengeluarkan biaya Rp 10.000-Rp 15.000 per orang.

2. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru tepat berada di seberang Pulau Sempu. Memiliki nama Sendang Biru karena di sekitar pantai ini ada 2 mata air (sendang) yang sangat jernih sehingga membuat warna biru langit yang indah. Di sekitar situ juga banyak perahu-perauh nelayan yang kerena banget untuk dijadikan latar belakang foto Instagrammu.

3. Pantai Bajul Mati

Pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa karena ada bukit yang berbentuk mirip seperti moncong buaya, namun sayangnya kalian tidak bisa mengincipi berenang di sana dikarenakan ombaknya yang bisa dibilang cukup besar dan berbahaya untuk kalian gunakan. Sayangnya, salah satu pantai di Malang ini termasuk pantai yang sepi pengunjung, jadi kalian bisa menikmati suara ombak dan angin yang berhembus untuk menghilangkan penat kalian. Hanya diperlukan biaya Rp 4.000 untuk memasuki kawasan ini. Murah bukan?

4. Pantai Goa Cina

Hanya berjarak 10 menit dari Pantai Bajul Mati, Pantai Goa Cina memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan dari pantai-pantai di atas. Berletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabutapen Malang. Nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah, karena ada tragedi kematian seseorang yang berasal dari Cina sekitar 20 tahun yang lalu, jadi pantai ini lebih sering dinamai Pantai Goa Cina sampai sekarang.

Pantai ini memiliki garis pantai yang bisa dibilang pendek, tetapi tiga pulau yang membentang sepanjang lautan pantai membuat pemandangan yang disajikannya sangat indah dan tak seperti pantai-pantai pada umumnya.

5. Pantai 3 Warna

Nah, pantai di Malang yang terakhir ini pantai favorit anak muda. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki 3 warna yang berbeda. Yaitu pasir coklat yang terimpa sinar matahari akan membiaskan warna pink, air laut di pinggir pantai yang berwarna tosca, dan air laut yang berwarna biru. Lokasi pantai ini berada sekitar 150 km dari Malang Kota. Akan memerlukan waktu 2 Jam perjalanan bila menggunakan kendaraan bermotor. Salah satu rute favorit menuju pantai 3 Warna malang ini melalui Malang- Gadang Turen, Ikuti arah menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah berjalan selama 2 jam, kalian akan menemukan persimpangan menuju ke Pantai Goa Cina atau Pantai Sendang Biru. Pilih jalan menuju ke Goa Cina, lurus saja sekitar 2 km sampai menemukan persimpangan jalan. Ambil arah ke kiri menuju ke TPI ( tempat pelelangan ikan). Setelah itu kalian akan sampai ke sebuah perkampungan warna dan ambilah arah menuju ke Clungup Mangrove Conservation, letaknya sebelum bank BRI.