Mencuatnya Kartu Pemilih Ganda di Pemilu Sulsel

Kartu Pemilih yang Ganda.

Kartu Pemilih yang Ganda.

Makassar – Kartu Pemilih Ganda belum lama ini mencuat di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Ini karena kurangnya pengamanan dalam komputerisasi serta sistem yang kurang terjaga saat pembuatan kartu tersebut.

Setelah melakukan penelusuran berupa penyesuaian data antara keterangan kartu pemilih dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel yakni, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Numang mensinyalir adanya pemilih ganda di Sulsel yang terdata dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4 juga terdapat di Kota Makassar.

“Kartu Pemilih Ganda sebaiknya di laporkan kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar asumsi dugaan pemilih ganda di DP4 tidak terjadi sampai Pemilu dilaksanakan,” ujar Syahrul. Dugaan ini semakin menguat setelah salah seorang warga juga mendapatkan hal yang sama. “Saya kaget melihat istri saya memberi dua kartu pemilihan, sementara untuk dirinya juga diberi dua kartu,” ungkap salah satu Warga berinisial AMN kepada Berita Otonomi.

Kartu pemilihan ini bahkan terduplikasi hingga tiga kali, mulai dari duplikasi lintas daerah hingga pemilih yang masih di bawah umur. Kartu pemilih ganda ini diduga tersebar pada tujuh kabupaten di Sulsel. Pihak Komisi Pemilihan Umum Sulsel diharapkan segera mengusut kasus ini karena Pemilihan Umum Kepala Daerah di Sulsel akan berlangsung pada 22 Januari 2013, sementara penghitungan suara akan digelar pada 1 Februari 2013.