Marzuki Alie

Ketua DPR Marzuki Alie di ruang kerjanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (1/3/2013). Foto: Antara

Pasca berhentinya Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat (PD) setelah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus Hambalang, praktis jabatan tersebut lowong dan untuk sementara diisi secara kolektif kolegial oleh Majelis Tinggi Partai (MTP) yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satu nama yang santer diberitakan akan menjadi suksesor Anas adalah Marzuki Alie. Tokoh yang sekarang menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2009-2014 ini kabarnya menjadi salah satu kandidat selain Jero Wacik, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), dan Pramono Edhie Wibowo. Tentu saja kebenaran kabar tersebut baru akan terbukti saat PD selesai menggelar Kongres Luar Biasa yang rencananya akan di gelar pada 30-31 Maret 2013 di Bali.

Marzuki Alie bukanlah sosok asing di kalangan PD maupun publik secara luas. Ia mengawali karir politiknya pada tahun 2003 ketika ia menjadi anggota Majelis Pertimbangan PD  Sumatera Selatan. Perlahan tapi pasti, sosok yang dikenal rendah hati namun tegas dalam memperjuangkan prinsip ini mulai menanjak dalam kancah politik nasional bersama PD. Jabatan mulai dari sebagai fungsionaris DPP Partai Demokrat (2004), Sekretaris Jenderal DPP PD (2005-2010), hingga menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (2010-2015) telah diembannya.

Suami dari Hj. Asmawati,SE.MM ini juga dikenal sebagai salah satu kader terbaik yang dimiliki oleh partai berlambang bintang mercy ini. Tidak hanya dalam kancah politik, pengalaman panjangnya dalam bidang keagamaan, sosial dan kepemudaan, keuangan, manajemen, dan teknologi informasi juga berhasil dilewatinya dengan sukses. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang religius dan agamis adalah salah satu faktor kunci yang membentuk karakter penggemar kesebelasan sepakbola Belanda ini menjadi pribadi yang sangat taat, konsisten, dan teguh dalam pendirian untuk menegakkan kebenaran. Lulusan terbaik (dengan indeks prestasi 4) program Magister Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang tahun 2001 ini juga aktif di Twitter menggunakan akun @MA_DPR.

Nama: H. Marzuki Alie, SE, MM

Lahir: 6 November 1955 di Palembang, Sumatera Selatan

Pendidikan;

Marketing Politics – PhD Program, Universiti Utara Malaysia

Corporate Finance – Magister Manajemen UNSRI, Palembang

Production Management – Fakultas Ekonomi UNSRI, Palembang

SMA Xaverius I Palembang

SMP Negeri IV Palembang

SD Negeri 36 Palembang

Riwayat Pekerjaan;

Komisaris Utama Group usaha PT.Global Perkasa Investindo 2006 –2009

Direktur Komersiil PT.Semen Baturaja (Persero) Palembang 1999 – 2006

PT.Semen Baturaja (Persero) Palembang, Baturaja, Lampung,Jakarta

Pegawai Negeri Sipil di KPN, Departemen Keuangan RI Palembang 1979 – 1980

Pegawai Negeri Sipil di Ditjen Aanggaran, Dep.Keuangan RI Jakarta 1975 – 1979