Malioboro dipenuhi seruan Kaum Buruh

Malioboro dipenuhi seruan Kaum Buruh

Demikian mungkin gambaran yang terjadi di jalan malioboro hari ini (01/05/2013) di karenakan ratusan orang yang tergabung dalam aksi bersama memperingati hari buruh sedunia berlangsung di sana. Puluhan kelompok yang mengatas namakan kaum buruh bersama-sama mengadakan aksi mereka menuntut segala bentuk perbaikan bagi kaum buruh pada umumnya.

Tanggal 1 mei tahun ini adalah peringatan hari buruh yang ke 124. Bagi mereka masa ini menandai perkembangan yang semakin pesat dan gerakan-gerakan di dalamnya semakin kental solidaritas dan persatuannya. Aksi-aksi yang mereka lakukan kemudian berkembang menjadi gerakan-gerakan yang semakin radikal dalam menuntut hak-hak kaum buruh seperti mogok dan pemblokiran.

Kaum buruh yang pada masa pemerintahan soeharto di rasakan tertindas dan terinjak dengan ganas, yang kemudian di masa reformasi ini di anggap remah justru kemudian berkembang menjadi kekautan yang yang luar biasa.

Aksi yang di ikuti oleh beberapa kelompok seperti LBH, BEM FH UJB, ABY, Konfederasi KASBI, FSBII, SP PKBI, dan banyak lagi kelompok pemerhati kaum buruh kali ini menyerukan berbagai hal untuk di perjuangkan. Kaum buruh sekarang mempercayai bahwa dirinya mempunyai kekuatan dan mampu merubah kondisi penindasan yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Kaum buruh merasa bahwa perkembangan gerakan mereka juga tak lepas dari penindasan para pemilik modal yang semakin intensif juga sisi lain yakni pemerintah yang dalam hal ini di rsakan tidak ada keberpihakkan terhadap kaum buruh. Jutaan buruh seakan di beradakan dalam sistem perbudakan yang modern yakni sistem kontrak dan outsourcing. Maka menurut mereka ketidak pastianlah yang kemudian di dapatkan oleh para kaum buruh.

Salah seorang wakil DPRD Yogyakarta dari Partai Demokrat yang turun untuk menanggapi aksi ratusan orang ini menyatakan bahwa akan turut berjuang memenuhi tuntutan kaum buruh ini, akam mengawal dan memberikan perhatian tersendiri agar apa yang di cita-citakan oleh para demonstran yang di katakan sebagai wakil para kaum buruh ini dapat tercapai.

Aksi yang menutup jalan malioboro ini kemudian melanjutkan aksi orasi dan meneriakkan aspirasi mereka di perempatan kantor Pos besar Yogyakarta dengan kawalan dari berbagai elemen keamanan juga baik itu TNI dan juga Polisi.

Dalam aksi ini juga di sertai dengan aksi teatrikal yang menggambarkan bagaimana berkuasanya para pemilik modal dan penguasa terhadap para pekerjanya.

Akhirnya dalam aksi ini mereka menyatakan yakin bahwa perubahan terhadap nasib kaum buruh dan rakyat ini hanya dapat di buat oleh kaum buruh dan rakyat sendiri maka mereka bersatu dalam Komite Aksi May Day dengan menyerukan 16 tuntutan yang di antaranya adalah penghapusan sistim kontrak dan outsourcing, lawan politik upah murah, tolak kenaikan harga BBM, lawan pemberangusan serikat dan kriminalisasi aktifis serikat buruh dan masih beberapa tuntutan lain.

Lebih dari itu mereka juga menyatakan apabila tidak di penuhi tuntutan ini kedepanya mereka akan mengadakan aksi lagi yakni bergabung dengan rencana Mogok Nasional Kedua tanggal 16 Agustus yang akan datang. (ant-YK)

 

antykThe Free Dictionary: zabytek œuvre d’art antique Ta waza porcelanowa, to prawdziwy antyk.