Gubernur Sulteng Tinjau Pembukaan Jalan Poros Danau Lindu

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola turun dari mobil dinasnya saat menyebrangi area jalan yang terjal dan rusak.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola turun dari mobil dinasnya saat menyebrangi area jalan yang terjal dan rusak. (dok-bso)

Sigi – Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, MSi, beserta staf dan rombongan berkunjung ke Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Minggu (23/12/2012) lalu . Kunjungan ini dalam rangka pembukaan jalan poros baru agar mempermudah akses transportasi menuju Kecamatan Lindu yang menjadi salah satu objek pariwisata Sulawesi Tengah. Beberapa objek yang menjadi tujuan wisata di daerah ini adalah Taman Nasional Lore Lindu dan Festival Danau Lindu yang rutin diadakan setiap tahun. Selama ini, minimnya infrastruktur, terutama akses jalan yang memadai, telah banyak dikeluhkan oleh warga masyarakat sekitar.

Sulitnya akses jalan juga dialami oleh rombongan gubernur ini. Akibatnya, jarak yang seharusnya dapat ditempuh hanya sekitar dua jam, terpaksa harus ditempuh selama delapan jam. Ini dikarenakan jalan mengalami longsor parah yang disebabkan struktur tanah yang masih berlumpur akibat pengerukan pelebaran jalan yang dilakukan. Selama ini, akses jalan dari dan menuju Lindu hanya menggunakan alat transportasi tradisional. Proyek pelebaran dan perbaikan jalan agar dapat dilalui kendaraan roda empat kerap terbentur oleh dampak yang ditimbulkannya, mengingat sepanjang jalur yang direncanakan untuk pelebaran jalan adalah kawasan hutan lindung. Perbaikan dan pembangunan jalan ini telah berlangsung sejak September 2012, setelah mendapat restu dari Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.