“Kereta Hantu” Gegerkan Warga Kaliwungu Kendal Jateng

dok kikil.org

Kendal – Warga Desa Nolokerto  RT. 1, RW. 1,  Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, digegerkan oleh fenomena “kereta hantu” yang melaju tanpa masinis. Kejadian itu berlangsung pada Minggu (28/4) sekitar pukul 04.00 WIB pagi disaat sebagian warga masih tertidur. Meskipun hanya lokomotifnya saja, namun warga tetap heran dengan kejadian ini. Sebab lokomotif itu berjalan sekitar 17 km dari stasiun Poncol Semarang.

Kereta tanpa masinis itu melaju kencang tanpa kendali dari Stasiun Poncol Semarang menuju ke arah barat (rute ke Jakarta). Setelah berjalan sekitar 15 menit kereta itu akhirnya anjlok dari lintasan setelah ada tikungan rel yang tidak bisa dilaluinya. Untung saja tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, beberapa rumah dan kandang sapi miliki warga rusak oleh serpihan-serpihan tanah dan batu-batuan dari anjloknya lokomotif ini. Meskipun berlaju cukup jauh, insiden ini tidak sampai menggangu jadwal perjalanan kereta api.

Pihak PT KAI Daop IV Semarang belum mengetahui penyebab pasti melajunya lokomotif tanpa masinis itu. Hanya saja sebelum kejadian, lokomotif itu sedang dalam kondisi dipanaskan. Humas Pihak PT KAI Daop IV Semarang, Surono, menyebutkan bahwa setelah dilakukan penyelidikan sementara, dugaan melajunya kereta api tanpa masinis itu disebabkan oleh getaran mesin saat kereta api dipanaskan, hingga mengakibatkan kereta melaju keluar dari stasiun tanpa masinis. Surono menambahkan, ”Kemiringan rel kurang dari 10 derajat. Namun karena berat lokomotif dan getaran mesin, kami duga menyebabkan lokomotif meluncur sendiri. Petugas masinis kami sebenarnya telah berusaha mengejar kereta untuk menghentikannya, tetapi lokomotif melaju semakin kencang.” (Misbahul Ulum)

koran-sindo.com

Dok koran-sindo.com