Kemasan Tempo Dulu Pasar Kangen Jogja

Pasar Kangen Yogyakarta 2013. Acara tahunan ini digelar oleh Taman Budaya Yogyakarta mulai 19-24 Juni 2013

Mendung tebal dengan berlapis awan hitam menggelayut di tengah pusara langit Kota Yogyakarta. Sementara jajaran lapak sudah bersiap menjelang pembukaan Pasar Kangen Yogyakarta 2013. Acara tahunan ini digelar oleh Taman Budaya Yogyakarta mulai 19-24 Juni 2013, pembukaan pada 19/6 disisipi hujan yang cukup deras pada Rabu sore jam 16.00 wib.

Pasar ini semacam “pasar tiban” yang dikonsep berjualan di halaman sekitar Taman Budaya Yogyakarta. “Barang yang dijual merupakan aneka ragam mulai dari kuliner sampai benda antik” ujar Sri Eka Kusumaningayu selaku Ketua Panitia. Bahkan barang-barang atau makanan yang susah dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun toko moderen tersedia di sini.

Acara kali ini sudah memasuki Pasar Kangen yang kelima kalinya. Tujuannya ialah bahwa acara ini sebagai pengobat rindu warga Yogyakarta yang  ingin menikmati suasana pasar tempo dulu. Tengok saja pada stan benda-benda antik. Misalnya saja wayang karton, koleksi buku lawas, keris, piringan hitam, onderdil sepeda onthel,  maupun perabot rumah tangga jaman dahulu kala.

Sisi sebelah utara Taman Budaya Yogyakarta juga berjajar stan-stan kuliner. Harapanya ketika masyarakat Yogyakarta asik berbelanja barang-barang langka bisa menikmati sajian makanan atau jajanan khas Yogyakarta tempo dulu. “Terdapat 41 pedagang kerajinan dan 45 pedagang makanan dan 20 kelompok seni tardisional yang akan mepertunjukkan keseniannya sesuai yang sudah dijadwalkan” imbuh Bu Eka.

Acara ini memang lain daripada yang lain, panitia ingin mendekatkan bahwa peristiwa pasar tradisional cukup akrab dengan budaya masyarakat Yogyakarta. Masyakarat bisa menikmati beragam sajian kuliner, benda antik, atau sekedar klangenan maupun apresiasi pertunjukan seni tradisi di Pasar Kangen tahun ini. [EAW]