Hizbut Tahrir Indonesia Tolak RUU Ormas

demonstrai HTI

demonstrai HTI

Ratusan massa yang tergabung dalam organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menggelar aksi damai di depan gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (22/03/2013). Mereka menuntut  DPR membatalkan rencana pengesahan RUU Ormas yang rencananya akhir bualn  ini akan disahkan. Hizbut Tahrir secara tegas menolak pengesahan RUU Ormas. Massa yang sebagian terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak ini bersemangat menyuarakan takbir “Allahu Akbar” dan meneriakkan “Tolak RUU Ormas!!!”.

Juru bicara HTI, Muhammad Ismail Yusanto, dalam rilisnya menyampaikan bahwa RUU Ormas ini justru akan menjadi pintu kembalinya rezim represif terhadap keberadaan ormas ala orde baru. Hal itu nampak melalui penghidupan kembali ketentuan asa tunggal (Pasal 2 RUU Ormas), larangan berpolitik bagi ormas (Pasal 7 RUU Ormas), dan kontrol ketat ormas oleh Pemerintah (Pasal 58, 61 dan 62 RUU Ormas).

misbahululum.dok

misbahululum.dok

Yusanto juga menambahkan bahwa RUU ini sangat diskriminatif. Sebab ada pembedaan antara ormas biasa dengan orang yang merupakan sayap partai. Sehingga menimbulkan kesan jika parpol hanya ingin menangnya sendiri. Dalam demontrasi kali ini, selain menolak pengesahan RUU Ormas,  massa juga menyerukan penegakan sistem khilafah. Mereka meminta kepada seluruh ummat untuk sungguh-sungguh berjuang demi tegaknya kembali syari’ah dan khilafah.

Demonstrasi yang berlangsung sekitar 3 jam ini berakhir dengan damai. Namun, massa mengancam akan membawa massa yang lebih besar dan melibatkan seluruh komponen oraganisasi Islam lain pada demonstrasi tanggal 28 Maret 2013 mendatang. (Misbahul Ulum)