Demo Ricuh, Aktivis HMI Semarang ditangkap

suara-merdeka-dok

Semarang – Aksi demontrasi menolak kenaikan harga BBM oleh HMI Cabang Semarang yang didelar di depan gedung DPRD Jawa Tengah, hari ini berakhir ricuh. Sedikinya Sembilan demonstran diamankan oleh Polisi untuk dimintai keterangan.

Sebelumnya, aksi berjalan damai dan kondusif, meskipun para demonstran sempat menutup jalan di depan kantor DPRD, namun hal itu tidak berlangsung lama.

Aksi kemudian berubah menjadi anarkis setelah tuntutan para demonstran untuk bertemu dengan ketua DPRD tidak terpenuhi. Para demonstran yang marah kemudian membakar ban bekas di arena demo. Suasana semakin tidak terkendali setelah salah satu oknum demonstran melempari polisi dengan air mineral.

Polisi berang dan akhirnya membubarkan massa dengan paksa, kejar-kejaran antara polisi dan demonstan-pun tak bisa dihindari. Polisi akhirnya mengamankan Sembilan demonstran yang dianggap sebagai pentolan aksi ke Mapolrestabes Semarang untuk dimintai keterangan.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Anggota HMI Semarang, Muhamad Bayan mengatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui siapa yang menjadi biang rusuh aksi ini. Menurutnya, aksi yang dilakukannya berniat baik, yakni menyampaikan aspirasi pada DPRD agar BBM tidak jadi naik. “Tapi hanya untuk bertemu ketua DPRD saja tidak bisa,” katanya.