Data Ekonomi AS Benamkan Harga Emas

harga emas turun ditutup dekat level $1.275

harga emas turun ditutup dekat level $1.275

Harga emas turun ditutup dekat level $1.275 pada hari selasa seiring data perumahan dan tingkat kepercayaan konsumen yang positif memicu penguatan Dollar, dan di tengah spekulasi bahwa The Fed akan segera mengurangi stimulus moneternya. Harga emas sempat naik pada awal sesi pasca komentar mengenai likuiditas dari bank sentral China meredakan kecemasan pada pasar keuangan, namun kecemasan mengenai kebijakan The Fed masih memperburuk sentimen emas dibanding aset lainnya.

Harga emas masih menuju penurunan kuartalan terbesar  setelah The Fed mensinyalkan rencana untuk mengurangi program pembelian obligasi senilai 85 milliar dollar tiap bulannya. Emas nampaknya telah kehilangan sebagian reboundnya kemarin.

Data ekonomi AS atas penjualan stock hunian meningkat dalam waktu 5 tahun terakhir sehingga membuat harga emas melemah. Kepemilikan emas kembali menurun dengan adanya kenaikan yield obligasi, yang lebih memungkinkan The Fed memberikan likuiditas yang lebih sedikit di bulan-bulan mendatang. Sementara kenaikan lapangan kerja juga membuat suku bunga bank sentral naik.

Harga emas sulit dipertahankan di level premium pasca pernyataan Gubernur Bank Sentral AS pada minggu lalu. Dalam pidatonya, Bernanke siap memperlunak arus moneter yang masuk dalam perekonomian AS setidaknya pada akhir tahun ini. Hal ini mengakibatkan Obligasi AS naik sehingga meluruhkan daya tarik emas dan membuat Dollar menguat kembali.

Kondisi kredit China sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia juga dikhawatirkan oleh pasar yang akan berimbas pada pasar global.

Secara teknikal perdangan hari ini Rabu (26/6), tekanan bearish pada emas masih terasa. Dibutuhkan break ke bawah area 1270 untuk melanjutkan outlook bearish dan menguji area 1260 sebelum menuju area 1250. Sedangkan resisten terdekat ada pada area 1290, break ke atas area ini dapat memicu koreksi bullish lanjutan untuk kembali menguji area 1305. (ctn)