Berwisata Alam Air di Green Canyon dan Pantai Batukaras

Green Canyon. Foto: wisataindo.com

Berlibur tentu menjadi salah satu moment yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh hampir setiap orang. Lokasi berlibur yang menyenangkan menjadi salah satu pilihan utama bagi hampir setiap orang, apalagi jika waktu liburan tersebut dihabiskan bersama keluarga tersayang, teman-teman dekat, ataupun kekasih. Salah satu pilihan yang dapat menjadi list anda berikutnya adalah tempat wisata Green Canyon yang terletak di wilayah Pangandaran, Jawa Barat. Sekilas nama tempat ini mirip dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat.

Jika tempat tinggal anda berlokasi di wilayah DKI Jakarta, maka perjalanan yang ditempuh melalui jalur darat (mobil pribadi, bus, atau travel) dapat memakan waktu hingga sekitar 8-12 jam (tergantung kecepatan kendaraan dan kondisi macetnya jalanan). Selain melalui jalur darat anda juga dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

Ketika anda sudah tiba di lokasi Green Canyon, anda dapat menyewa perahu boat untuk mencapai tempat yang telah disediakan untuk melakukan body rafting. Selama perjalanan menuju lokasi body rafting anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan hawa yang sejuk. Lokasi untuk melakukan body rafting ini dapat terjamin keamanannya dikarenakan banyak guide yang tersebar di berbagai lokasi. Arus sungai pun tidak begitu deras.

Beberapa tali juga dipasang untuk memudahkan kita berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Jadi, tidak perlu takut jika anda tidak bisa berenang, karena anda akan menggunakan pelampung dan banyak guide  yang telah bersiap di sana untuk selalu memantau anda. Selain itu, jika ingin memacu adrenalin, anda dapat melompat dari bebatuan yang tingginya kurang lebih 7 meter di atas permukaan sungai. Di tempat ini juga disediakan tempat untuk membilas tubuh dan berganti pakaian. Salah satu hal yang patut diperhitungkan jika ingin menuju Green Canyon adalah cuaca. Jika anda ingin melihat air sungai yang sedang berwarna hijau, pastikan bahwa tidak terjadi hujan sebelum anda tiba di sana.

Tidak puas? Tidak jauh dari lokasi Green Canyon, ada pantai Batukaras. Anda dapat memacu adrenalin anda dengan melakukan beberapa watersport seperti banana boat, UFO Donuts, butterfly, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan adalah sebesar Rp75.000/wahana watersport. Akan tetapi jika anda menggunakan beberapa wahana maka harga yang ditawarkan juga akan lebih murah, dan pintar-pintarlah menawar. Dan tidak usah khawatir anda akan lelah bepergian seharian penuh, karena banyak tempat penginapan dengan harga terjangkau di sekitar Green Canyon dan Pantai Batukaras, namun sebaiknya anda telah memesan kamar beberapa hari sebelumnya. (Larissa Amanda Indianti Siahaan)