Artis VS Narkotika

Foto Artis: Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah

Foto Artis: Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah

Jakarta – Pemakaian narkoba di kalangan artis memang telah lama menjadi cerita di tanah air. Dugaan tersebut semakin nyata setelah sejumlah artis dibekuk oleh tim Badan Narkotika Negara (BNN) di rumah presenter kenamaan Raffi Ahmad, Minggu (27/1/2013) pagi. BNN dalam penggrebekannya di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, berhasil menemukan dua linting ganja dan 14 butir kapsul MDMA (ekstasi). Selain Raffi, beberapa artis yang kemudian ikut diangkut untuk diperiksa adalah Wanda Hamidah (artis dan politisi PAN), serta pasangan suami istri Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Pihak BNN memang belum menyatakan secara resmi siapapun yang positif menggunakan barang adiktif berbahaya ini dalam kasus Raffi Ahmad cs. Total sekitar 17 orang yang diciduk di kediaman Raffi, tujuh orang telah dibebaskan, Selasa (29/01), karena tidak terindikasi memakai narkoba termasuk Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Pihak BNN, Rabu (30/1), telah merilis beberapa inisial nama yang positif memakai narkoba, yaitu; MF, KA, MT, WTM, JA, RFA, dan RJ. Sementara tiga orang lainnya; WH, SD, dan UW belum bisa dipastikan positif menggunakan narkoba.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1997, narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-undang ini atau yang kemudian ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kesehatan.

Tidak lain barang adiktif ini fungsinya untuk menenangkan pikiran atau perasaan yang sedang dilanda kegundahan serta merta untuk mengilangkan rasa kecemasan sehingga menjadi tenang. Namun menurut survei yang didapat, bahan adiktif yang berbahaya ini memudahkan pemakainya kecanduan akan barang tersebut.

Selain itu, barang berbahaya ini dapat merusak organ tubuh serta dapat menewaskan penggunanya. Sesuai dengan kasus mengenai narkotika, pihak BNN akan menindak lanjuti berbagai jenis penyalahgunaan narkoba dikalangan masyarakat, baik artis maupun kalangan biasa. Pengungkapan kasus penggunaan dan peredaran narkotika juga harus terus dilakukan agar negara ini bebas dari penggunaan narkoba dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat tanpa narkotika.

Update: Setelah melewati lima hari pemeriksaan, Raffi Ahmad akhirnya dinyatakan sebagai tersangka oleh BNN, Jumat (1/2). Artis berusia 26 tahun ini terancam hukuman 12 tahun penjara. Untuk saat ini, Raffi ditempatkan di rumah tahanan BNN, di daerah Cawang, Jakarta Timur