Agus Salim Sitompul Tutup Usia

Agus Salim Sitompul

Agus Salim Sitompul

BO – Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berduka. Tokoh sekaligus sejarawan HMI Agus Salim Sitompul tutup usia pada hari ini (18/5) di RSUP Dr Sardjito.

Tokoh HMI yang sekaligus Guru Besar Universitas Islam Negeri Yogyakarta ini meninggal dunia diusia 68 tahun, setelah beberapa hari dirawat lantaran menderita beberapa penyakit komplikasi.  Jenazah sejarawan HMI ini disemayamkan di rumah duka Jalan Pangajabsih no 5, Sukoharjo, Caturtunggal Depok, Sleman. Rencananya, almarhum akan makamkan di kompleks pemakaman keluarga besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Banyak tokoh HMI yang merasa kehilangan sosok  bersahaja ini. Diantaranya adalah mantan ketua Umum PB HMI Chumaidi Syarif Romas, Anas Urbaningrum, hingga ketua MK Mahfud MD.

Anas Urbaningrum (Mantan Ketua PB HMI) menyatakan duka mendalam atas kepergian sosok tokoh senior HMI yang satu ini. “Bang Agus Salim Sitompul (alm) adalah senior HMI yang langka dan memiliki semangat besar dalam perjuangan HMI, khususnya dalam hal kaderisasi” ungkapnya seperti dilansir aktual.co.

Aktivis HMI Cabang Semarang Misbahul Ulum juga menyatakan hal senada. Ulum merasa sangat kehilangan sosok senior yang produktif menulis buku HMI ini. “Kanda Agus Salim Sitompul (alm) adalah guru saya, banyak hal yang saya pelajari dari buku-buku karya beliau. Bahkan, semangat kaderisasi kanda Agus Salim menjadi inspirasi bagi saya dalam melakukan setiap kaderisasi di HMI” ungkapnya saat ditemui di kantornya di kawasan Salemba Jakarta Pusat (BO/M1).